FUCKING YUMMY CHOCOLATE : “melt in your mouth not in your hand”
Video Chocolate War telah membuka alam pikiran saya tentang Chocolate dan tayangan video tersebut menyajikan bagaimana HERSHEY dan MARS menerapkan konsep marketing mix untuk dapat menjadi pemimpin di industry permen chocolate.
Penerapan marketing mix dihubungkan dengan tayangan dalam video dapat dijelaskan sebagai berikut :
Product
- Produk HERSHEY terkenal dengan Milk Chocolate Bar, Hershey’s Kiss, Hershey’s Miniature, Hershey’s Drop, Reese Peanut Butter Cup dan Hershey’s Nuggets. Inovasi yang diciptakan oleh HERSHEY’s tidak hanya itu saja, tapi mereka juga memproduksi coklat yang bernama Dessert Bar, yang dapat bertahan di suhu 120 – 140 C.
- Sedangkan produk MARS yaitu Milkyway, 3 Musketeers dan Snickers. Produk lain yang merupakan hasil inovasi dan cukup fenomenal adalah merek M&M’s. Dimana produk tersebut dihasilkan dengan warna-warna menarik dan tidak mudah meleleh.
- Terdapat pesaing baru yang berlabel Godiva yang membuat cokelat dengan jenis lebih beragam serta kemasan lebih menarik.
- Price strategy yang digunakan oleh HERSHEY’s adalah “price takers” sehingga harga yang diterapkan lebih mahal daripada harga Chocolate lain.
- Sedangkan M&M’s berusaha mendapatkan market dengan harga produk yg lebih murah dari HERSHEY’s.
- HERSHEY’s menerapkan prinsip “Open Kitchen”, dimana pengunjung dapat melihat proses pembuatan cokelat secara langsung dari raw material sampai menjadi produk jadi.
- M&M’s mempunyai jaringan distribusi luas daripada HERSHEY’s, hingga menjangkau negara-negara Eropa & Asia. M&M’s memanfaatkan B2G, dimana cokelat M&M’s yang merupakan produk Amerika mampu ekspansi pasar sampai ke Eropa dan Asia.
Promotion
- Produk HERSHEY’s dipakai dalam salah satu film Hollywood, yaitu E.T. Tagline Hershey’s: “The number one America’s candy bars”.
- M&M’s
membuat konsep iklan yang sangat menarik, yaitu dengan menggunakan kartun dan
tagline yang mudah diingat sehingga menarik minat anak-anak dan orang tuanya
untuk membeli. Tagline M&M’s: “melt in your mouth not in your hand”.
Tagline itu telah membekas di di benak anak-anak dan orang tua sehingga mereka
telah berhasil memposisikan produk mereka di kalangan masyarakat.
Segmentasi Produk
Baik HERSHEY maupun MARS memiliki konsep STP melalui riset mengikuti kondisi pasar dapat disaksikan ketika terlibat perang, produk permen coklat yang tidak mudah meleleh dan pada saat sudah tidak ada perang mereka mengalihkan segementasi produknya ke anak-anak.
Email: donny.kristiyanto@gmail.com
HP: 0811898247
Whatsapp: 02194654564/0811898247Pin BB:7D0965C7
Komentar
Posting Komentar