TENTANG MARKETING
Lecturer
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc.
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F.
Dr. Kirbandoko, M.S.M.
Dr. Ir. Mukhammad Najib, M.M.
I LOVE MARKETING
Tulisan saya diatas bukan tanpa alasan, karena segala hal yang berlaku di dunia ini tak terlepas dari yang namanya MARKETING. Ya .. suatu kenyataan yang tak dapat kita pungkiri keberadaannya.
Mulai dari hal terkecil seperti teman yang meminta sebungkus permen kepada kita, pinjam meminjam sepeda, Jual beli barang dagangan sampai proses tender negosiasi project pengadaan barang, project IT, pengolahan sumber daya alam,hasil bumi, properti, dan lain-lain semuanya membutuhkan MARKETING.
MARKETING tidak melulu soal bagaimana menjual barang dagangan saja, bermulut manis atau persuasif kepada calon target. MARKETING adalah proses komplek yang berhubungan dengan target pencapaian pada skala tertentu untuk suatu produk maupun jasa. Maksut dari Komplek disini adalah MARKETING perlu memperhatikan berbagai aspek penting yang diantaranya adalah:
Text Book
Sekian untuk sementara. Nanti lanjut lagi.
Donny Kristiyanto
Email: donny.kristiyanto@gmail.com
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc.
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F.
Dr. Kirbandoko, M.S.M.
Dr. Ir. Mukhammad Najib, M.M.
I LOVE MARKETING
Tulisan saya diatas bukan tanpa alasan, karena segala hal yang berlaku di dunia ini tak terlepas dari yang namanya MARKETING. Ya .. suatu kenyataan yang tak dapat kita pungkiri keberadaannya.
Mulai dari hal terkecil seperti teman yang meminta sebungkus permen kepada kita, pinjam meminjam sepeda, Jual beli barang dagangan sampai proses tender negosiasi project pengadaan barang, project IT, pengolahan sumber daya alam,hasil bumi, properti, dan lain-lain semuanya membutuhkan MARKETING.
MARKETING tidak melulu soal bagaimana menjual barang dagangan saja, bermulut manis atau persuasif kepada calon target. MARKETING adalah proses komplek yang berhubungan dengan target pencapaian pada skala tertentu untuk suatu produk maupun jasa. Maksut dari Komplek disini adalah MARKETING perlu memperhatikan berbagai aspek penting yang diantaranya adalah:
- STRATEGY, FOCUS and PLAN – Berhubungan dengan VISI dan MISI (Company Profile), Tujuan dan langkah kedepan.
- RESEARCH – Melakukan Identifikasi pasar dan sasaran yang tepat, melakukan kajian harga sesuai pasar dan sasaran, melakukan identifikasi terhadap tren pasar yang sedang berlangsung, melakukan indetifikasi minat dan permintaan konsumen.
- BRANDING – Adalah suatu cara untuk memperkuat Brand imaging dari perusahaan atau produk yang kita pasarkan. Mekanisme nya adalah dengan memperkenalkan hal unik dan menanamkan faham tersebut di otak konsumen.
- PROMOTION – Dapat dilakukan dengan promosi dan beriklan. Dengan berkembangnya strategi pemasaran yang sangat pesat saat ini, proses pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan penetapan harga menarik untuk produk/jasa yang dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. Membaca kebutuhan konsumen dan melakukan unifikasi/differensiasi suatu produk ataupun jasa sehingga konsumen tertarik untuk mencoba sesuatu yang baru.
- SERVICES – Mengelola suasana hati dan kepuasan konsumen dengan terus memberikan pelayanan terbaik.
Text Book
Ujang Sumarwan (editor). 2015. Pemasaran Strategic:
Perspektif Perlilaku Konsumen dan Marketing Plan. IPB Press.
Silahkan download e-book:
2015
01 BUKU Pemasaran Strategik Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing
Plan
Sekian untuk sementara. Nanti lanjut lagi.
Donny Kristiyanto
Email: donny.kristiyanto@gmail.com
HP: 0811898247
Whatsapp: 02194654564/0811898247
Pin BB:7D0965C7
Blog Student: http://donny50e.blogstudent.mb.ipb.ac.id
Pin BB:7D0965C7
Blog Student: http://donny50e.blogstudent.mb.ipb.ac.id
Komentar
Posting Komentar